Atasi gangguan tenggorokan dengan 4 ramuan herbal ini | Natura Herbal

JURNAL
16 SEPTEMBER 2019

Atasi gangguan tenggorokan dengan 4 ramuan herbal ini

Apakah saat ini Anda sedang mengalami gangguan tenggorokan dan sudah berobat ke dokter, namun tidak kunjung sembuh? Atau, Anda sudah beralih ke dokter lain untuk meredakan sakit tenggorokan yang Anda alami namun masih belum juga membuahkan hasil?

Jika demikian, ada baiknya Anda membaca artikel ini untuk tahu lebih lanjut mengenai apa itu gangguan tenggorokan, apa saja penyebabnya, dan bagaimana cara efektif untuk mengatasinya.

 

Sekilas Tentang Gangguan Tenggorokan

Gangguan tenggorokan bisa merupakan indikasi bahwa sebentar lagi Anda akan mengalami batuk atau pilek, radang tenggorokan, ataupun karena efek samping dari pita suara Anda yang sedang menegang.

Ada 3 macam gangguan tenggorokan yang sering terjadi pada tubuh manusia.

 

1. Sakit tenggorokan

 

Sakit tenggorokan bisa terjadi karena banyak hal, mulai dari infeksi virus, alergi, iritasi, infeksi bakteri, dan polutan asap rokok. Di Indonesia, pada kasus ini, sakit tenggorokan paling sering terjadi karena infeksi virus sehingga penggunaan obat antibiotik pada penderita sakit tenggorokan merupakan hal yang sia-sia. 

Ini karena obat antibiotik hanya berfungsi untuk membunuh bakteri, bukan virus. Penggunaan obat antibiotik secara berlebihan pada penyakit ini justru akan memperparah sakit tenggorokan yang Anda alami sehingga virus menjadi lebih kebal dan sulit untuk diatasi.


2. Batuk berdahak


Sebenarnya, dahak yang muncul pada batuk disebabkan karena mekanisme alami dari pertahanan tubuh dengan cara membuat antibodi alami berbentuk lendir atau dahak untuk membuang zat asing (asap atau gas) yang mengganggu jalannya saluran pernafasan, baik di tenggorokan maupun di paru-paru. 

Namun sayangnya, lendir atau dahak yang berlebihan ini bukannya menyembuhkan, tetapi justru menimbulkan efek samping lain yaitu batuk berdahak.

 

3. Batuk tidak berdahak


Batuk tidak berdahak berbeda dengan batuk berdahak karena batuk ini tidak menghasilkan lendir atau dahak sehingga seringkali disebut dengan batuk kering. Batuk jenis ini biasanya dipicu oleh efek samping konsumsi obat-obatan tertentu, adanya alergi, terkena polutan udara (asap atau debu secara berlebihan), stress, kondisi psikologi, penyakit asma, dan beberapa kasus lainnya yang masih belum jelas penyebabnya.

Batuk kering juga bisa disebabkan karena kenaikan asam lambung secara tiba-tiba. Biasanya, kondisi batuk ini disebut dengan batuk kronis karena bisa diderita lebih dari 8 minggu dan tidak kunjung sembuh.

Lalu, apa sajakah yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi sakit tenggorokan, batuk berdahak dan batuk tidak berdahak yang sedang Anda alami? 

 

4 Ramuan herbal untuk atasi gangguan tenggorokan

Sebelum berobat ke dokter, ada baiknya Anda gunakan 4 ramuan herbal untuk atasi gangguan tenggorokan. Ramuan herbal yang dimaksud adalah akar manis, pepermint, thymi, dan tanaman baja hitam. Berikut adalah kandungan dan beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli terhadap keempat ramuan herbal tersebut. 

1.  Akar Manis (Glycyrrhiza Glabra)
Kandungan kimiawi yang terdapat dalam akar manis, yaitu glycyrrhizin, kalsium asam glisirisinat, garam kalium, isoliquiritin, flavonoid, liquiritigenin, isoliquiritigenin, dan lamno liquiritin memiliki formula yang sama seperti obat batuk yaitu ekspektoransia dan demulcent yang sangat berkhasiat untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan. 

2. Pepermint (Mentha Piperita)
Dalam daun pepermint, terdapat komponen utama yaitu mentol sebanyak 50% hingga 60% yang sangat berkhasiat untuk:
1.    Merangsang nafsu makan (stimulansia)
2.    Meredakan ketegangan otot pada saluran pencernaan dan saluran pernafasan (antispasmodik)
3.    Melegakan pencernaan (karminativa), dan
4.    Anti muntah (antiemetik).

Dari keempat fungsi di atas, fungsi nomor 2 memiliki arti yang sama dengan mengatasi gangguan tenggorokan yaitu sakit tenggorokan, batuk berdahak dan batuk tidak berdahak.

3. Thymi
Dalam thymi terdapat kandungan senyawa kimia yaitu minyak atsiri lebih dari 1,2% dan fenol lebih dari 0,5% yang berkhasiat sebagai antiseptik, spasmolitik, ekspektoransia, dan antitusif sehingga dapat meredakan sakit tenggorokan, batuk berdahak dan batuk tidak berdahak.


4. Tanaman Baja Hitam (Adhatoda)
Dalam Adhatoda, terdapat zat aktif bernama vasicine. Zat ini ternyata dapat bereaksi pada batuk berdahak dan batuk tidak berdahak, serta kelainan lain pada saluran pernafasan. Namun sayangnya, pemberian zat aktif ini pada penderita gangguan tenggorokan jika tidak tepat dosisnya dapat menyebabkan efek samping yaitu mual.

Ekstrak Ramuan Herbal untuk Atasi Gangguan Tenggorokan

Kabar baiknya adalah, kini Anda tidak perlu repot menyiapkan keempat ramuan di atas; akar manis, pepermint, thymi, dan tanaman baja hitam sebagai solusi gangguan tenggorokan yang sedang Anda derita. Karena konsumsi berlebih dari keempat ramuan herbal tersebut bisa menimbulkan efek samping, dan tentu saja meninggalkan rasa yang tidak enak di mulut Anda. 
Kini hadir, Naturkaf. Solusi batuk andalan Anda dan keluarga. 


Kenapa Naturkaf?


Karena hanya Naturkaf yang merupakan sirup obat batuk ekstrak herbal dari akar manis, pepermint, thymi, dan tanaman baja hitam dan 4 ramuan herbal lainnya (kayu manis, jeruk nipis, jahe, dan bunga matahari) yang diproses menggunakan teknologi tinggi (isolation & screening) di pabrik yang telah berstandar Internasional sehingga sangat sinergis dan efektif untuk mengatasi gangguan tenggorokan yang Anda alami.

Naturkaf 100% bebas alkohol, bekerja dengan cepat dan tepat sasaran, telah lolos uji HALAL dan bersertifikat MUI sehingga sangat aman untuk dikonsumsi Anda dan keluarga. 

Sediakan selalu Naturkaf sebagai obat batuk andalan keluarga Anda. Yuk, tinggalkan yang bersifat kimiawi, dan beralih ke pengobatan herbal alami!