7 fakta tentang jahe dan segudang khasiatnya | Natura Herbal
JURNAL
20 DESEMBER 2019

7 fakta jahe dan segudang khasiatnya

Semua orang pasti ingin berada dalam keadaan nyaman dan tenang ketika sedang dalam perjalanan, baik itu perjalanan darat, laut, maupun perjalanan udara. Terlepas dari tujuan perjalanan tersebut, apakah untuk perjalanan bisnis, perjalanan dinas, ataupun sekedar untuk tujuan traveling dan refreshing, yang namanya mual, muntah, dan mabuk perjalanan itu pasti menyebalkan dan membuat Anda sangat tidak nyaman.

Oleh karenanya, Anda, sebagai pemilik tubuh Anda, harus tahu, karakteristik tubuh Anda sendiri. Jika memang Anda adalah tipikal orang yang mudah mual, muntah, dan mabuk perjalanan, ada baiknya Anda prepare terlebih dahulu dengan membawa obat-obatan yang diperlukan untuk mencegah dan mengatasinya. 

Nah, bagi Anda yang tidak suka mengkonsumsi obat-obatan karena merasa takut dengan efek yang ditimbulkannya dalam jangka panjang, Anda bisa beralih menggunakan ramuan herbal,
Jahe misalnya.

Mengapa Jahe? Itu Karena Jahe memiliki 7 fakta menarik dengan segudang khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda, diantaranya adalah untuk mengatasi mual, muntah, dan mabuk perjalanan. Apa sajakah 7 fakta tersebut? Mari kita ulas bersama!
 

1. Asal-usul Jahe
 

Jahe, si kecil berwarna kuning hingga kemerahan ini adalah tanaman rimpang yang berasal dari India. Kemudian, dalam penyebarannya, jahe dibawa dari India melalui situs perdagangan rempah-rempah mulai dari Asia Tenggara, Jepang, Tiongkok Selatan, hingga ke Timur Tengah.


Tanaman dengan nama ilmiah Zingiber Officinale ini sangat populer dan dikenal sebagai tanaman rempah-rempah dan juga tanaman obat. Bentuknya rimpangnya tergolong unik, yaitu berbentuk jari yang menggembung pada tiap-tiap ruas tengahnya. Jika Anda bertanya, kenapa jahe memiliki rasa dominan yang pedas, itu karena kandungan senyawa keton yang bernama zingeron yang dimilikinya. 
 

2. Sifat tanaman jahe

 

Jahe memiliki sifat mampu menghangatkan tubuh dan memberikan rasa pedas. Itu sebabnya, pada zaman kolonialisme, jahe sudah dikenal sebagai salah satu bahan rempah-rempah yang mampu memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan, dan telah menjadi komoditas yang cukup populer di Eropa pada saat itu. 

Kabar baiknya adalah, Anda bisa dengan mudah mendapatkan tanaman obat yang satu ini, karena jahe memiliki habitat di daerah tropis, khususnya pada daerah khatulistiwa sehingga sangat mudah tumbuh dan dikembangbiakkan di Asia Tenggara seperti Indonesia. Bahkan, di Brazil dan Afrika, jahe juga dapat tumbuh dengan baik karena juga terletak di garis khatulistiwa.


3. Berbagai macam olahan dari tanaman jahe

 

Bukan jahe namanya, jika hanya bisa diolah dengan satu cara saja. Bagi Anda yang harus mengkonsumsi jahe karena sering mual, muntah, dan mabuk perjalanan, Anda harus coba berbagai macam olahan dari tanaman rimpang yang satu ini, yang bisa Anda beli atau mungkin bisa Anda praktikkan sendiri saat memiliki waktu senggang di rumah.

1. Jahe Kering
Jahe kering adalah olahan dari jahe yang telah dipotong-potong menjadi irisan tipis kemudian dikeringkan. Anda dapat dengan mudah membelinya di pasar tradisional ataupun mencoba mengeringkannya sendiri di bawah sinar matahari langsung selama beberapa hari.

2. Jahe Bubuk
Jahe bubuk adalah olahan dari jahe yang dikeringkan, kemudian diproses lebih lanjut dengan menggunakan teknologi industri sehingga diperoleh butiran/bubuk jahe dengan standar kehalusan yang sudah ditentukan. Jahe bubuk biasanya dimanfaatkan untuk keperluan farmasi, jamu, dan minuman.

3. Awetan Jahe
Awetan jahe adalah hasil pengolahan dari jahe segar secara tradisional. Beberapa contoh awetan jahe adalah permen jahe, jahe instan, acar, sirup jahe, dan asinan jahe.

4. Oleoresin Jahe
Oleoresin jahe adalah hasil olahan dari tepung jahe yang berwarna coklat dengan kandungan minyak atsiri antara 15% - 35%.

 

4. Khasiat jahe berdasarkan kandungan yang dimilikinya

 

Tanaman jahe memiliki berbagai macam kandungan yang sangat berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah khasiat jahe berdasarkan kandungan zat yang dimilikinya :

1. Mengatasi Perut Kembung
Kandungan 2 senyawa enzim yang dimiliki oleh jahe, yaitu protease dan lipase sangat sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan tubuh. Dua senyawa ini sangat efektif dalam memecah lemak sehingga dapat membantu tubuh untuk mencerna makanan dan mempercepat proses penyerapan tubuh. Fungsi inilah yang akhirnya dapat mencegah tubuh mengalami gangguan pencernaan, sakit perut, perut begah, hingga perut kembung.

2. Memperlambat Pertumbuhan Sel-sel Kanker
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan Comprehensive Cancer Centre, menunjukkan bahwa tepung jahe sangat efektif dalam membunuh sel-sel kanker yang berada pada indung telur. 

Penelitian lain juga dilakukan oleh University of Minnesota yang menyebutkan bahwa jahe mampu memperlambat pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker pada usus besar.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Jahe memiliki 19 komponen yang bersifat bioaktif dan berguna bagi tubuh. Diantaranya adalah gingerol yang memiliki sifat dapat memecah penggumpalan pada darah (antikoagulan). Sifat inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh tubuh untuk menahan terjadinya penyumbatan pembuluh darah, serangan jantung, menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah terjadinya stroke.

 

5. Lalu, benarkah jahe dapat meredakan mual, muntah, dan mabuk perjalanan?

 

Kandungan utama yang ditemukan pada tanaman jahe, yaitu gingerol (pada jahe segar) dan shogaol (pada jahe kering), dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tanggap pada pencernaan dan mempercepat proses pengosongan pada lambung sehingga dapat mengurangi rasa mual, muntah, dan mabuk perjalanan.

Jahe juga memiliki sifat anti inflamasi yang mendukung proses pencernaan, sehingga mempercepat proses pelepasan hormon yang mengatur tekanan darah. Inilah yang membuat tubuh menjadi tenang, sekaligus mengurangi rasa mual, muntah, dan mabuk perjalanan, ketika Anda mengkonsumsi jahe.

 

6. Ekstrak tanaman jahe untuk mengatasi mual, muntah, dan mabuk perjalanan

 

Memang, kini Anda dapat dengan mudah membeli atau mengolah sendiri jahe, sesuai dengan keinginan. Namun, jika Anda bisa memperoleh ekstrak tanaman jahe dengan rasa segar dan enak, mengapa tidak?
Kini telah hadir Naturfix!

Naturfix adalah ramuan herbal ekstrak jahe dan 7 ramuan herbal lain (cabe jawa, pegagan,  jeruk nipis, lada hitam, kayu manis, kunyit, dan pepermint) yang bermanfaat dalam mengatasi mual, muntah, dan mabuk perjalanan. 
Diproses melalui isolation dan screening berteknologi tinggi dan berstandar internasional, ramuan herbal ini sangat ampuh dalam :

1.    Mencegah kepikunan
2.    Menjaga stamina tubuh
3.    Analgesik dan menghaluskan tubuh
4.    Mencegah demam tinggi
5.    Mengobati batuk dan pilek
6.    Anti kembung dan anti diare
7.    Mengatasi penyakit maag
8.    Mengatasi mual, muntah, dan mabuk perjalanan.

 

7. Kesimpulan

 

Naturfix, adalah ramuan herbal ekstrak jahe yang sangat aman digunakan meski dalam penggunaan jangka panjang karena hanya mengandung bahan-bahan herbal alami yang sangat dibutuhkan tubuh.

Jika Anda ingin mendapatkan khasiat sempurna dari jahe secara praktis, beralihlah dari cara lama Anda yang memakan waktu. Cukup sediakan Naturfix sebagai suplemen harian untuk menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

Mau sehat, cantik, dan bugar dengan cara alami? Minum Naturfix!