Temukan 7 manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan | Natura Herbal
JURNAL
03 FEBUARI 2020

Temukan 7 manfaat kunyit untuk kesehatan dan kecantikan

Sebagai negara kepulauan yang berbentuk agraris, tentu saja Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil buminya, terutama rempah-rempah, salah satunya adalah kunyit. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Curcuma domestica Val. Ini ternyata berasal dari Asia Tenggara yang kemudian dalam perkembangannya, menyebar ke Malaysia, Australia, Indonesia, bahkan sampai ke benua Afrika.

Menariknya, tanaman dengan umbi akar yang berwarna kuning terang ini bisa dimanfaatkan dengan berbagai cara. Sebut saja, penggunaannya dalam bumbu masakan, seperti bumbu opor, acar ikan, sayur lodeh, dan masih banyak lagi. Atau, kandungan bahan alaminya yang sering menyebutkan bahwa kunyit pereda nyeri, dan kunyit dapat menghaluskan kulit sehingga sering digunakan sebagai racikan jamu yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh wanita.

Namun, fakta bahwa kunyit pereda nyeri, dan kunyit dapat menghaluskan kulit, apakah benar adanya? Ini dia 7 manfaat kunyit berdasarkan bahan kandungan alami yang dimilikinya. 

 

1. Kunyit sebagai zat anti radang / anti inflamasi

 

Manfaat kunyit pereda nyeri yang pertama dapat Anda temukan pada kemampuan tanaman rempah ini dalam mengatasi radang (anti inflamasi). Kandungan senyawa Curcumin pada kunyit sangat baik bahkan lebih kuat efeknya dalam mengatasi radang jika dibandingkan dengan minyak atsiri. 

Zat Curcumin adalah kandungan paling dominan dari kunyit yang memiliki fungsi utama dalam mengatasi peradangan dan anti inflamasi pada tubuh Anda. Salah satu penyakit akibat peradangan berbahaya yang mampu dicegah oleh rimpang kunyit adalah Alzheimer.

 

2. Sebagai obat nyeri dan radang sendi yang kronis

 

Rasa nyeri dan peradangan yang terjadi pada persendian bisa dipicu oleh efek radikal bebas yang Anda temui sehari-hari. Kabar baiknya adalah, Anda tidak perlu ke dokter atau minum obat jika penyakit ini menyerang. Cukup atasi dengan meminum rebusan air ekstrak/perasan kunyit. 

Peran ini juga dilakukan oleh zat Curcumin yang berfungsi sebagai antioksidan alami untuk mencegah dan mengatasi kerusakan pada persendian, rasa kaku, radang, hingga pembengkakan yang terjadi pada sendi.

 

3. Sebagai anti tumor dan anti kanker

 

Kandungan zat antioksidan pada zat Curcumin dan Minyak Atsiri yang terdapat pada kunyit ternyata juga memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan pada sel-sel dalam tubuh manusia akibat efek samping dari radikal bebas. 

Sebagai zat antioksidan alami dalam kunyit, Curcumin dan Minyak Atsiri terbukti mampu mencegah dan menghancurkan sel-sel tumor dan kanker pada tubuh manusia. Curcumin juga berperan dalam mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel DNA dan melindungi sel-sel pada usus besar manusia.

 

4. Mengobati gigi bengkak

 

Masih seputar peran antioksidan yang terdapat pada Curcumin dan Minyak Atsiri pada kunyit. Anda juga dapat mengatasi gigi bengkak dengan cara mengkonsumsi kunyit. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengiris-iris rimpang kunyit, kemudian mencampurkan irisan tadi dengan gambir, lalu seduh keduanya dengan air mendiri. Gunakan sebagai obat kumur secara teratur setiap hari sampai bengkak pada gigi Anda menghilang.

 

5. Mengatasi nyeri haid

 

Manfaat kunyit pereda nyeri selanjutnya adalah sebagai pereda nyeri haid. Anda cukup mencampurkan beberapa ramuan tradisional seperti kunyit, gula merah, dan asam jawa untuk meredakan rasa sakit yang muncul ketika haid atau menstruasi dan menghilangkan bau keringat tidak sedap.

 

6. Menghaluskan kulit wajah

 

Selain berfungsi sebagai pereda nyeri (analgesic), kandungan anti radang dan antioksidan pada kunyit dapat menghaluskan kulit. Anda cukup menggunakannya sebagai masker wajah yang dicampur dengan beberapa bahan lain seperti minyak kasturi, pepaya, dan yoghurt.

Campuran masker kunyit dan minyak kasturi untuk menghilangkan komedo pada wajah. Mencampurkan kunyit dan pepaya dan menggunakannya sebagai masker, akan sangat baik untuk mengangkat sel-sel kulit mati berlebih pada wajah. Sedangkan campuran masker kunyit dan yoghurt bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit, dan menghaluskannya dengan cara mengecilkan pori-pori pada kulit wajah.

 

7. Menghilangkan jerawat

 

Cara kerja kunyit dalam menghaluskan kulit wajah lainnya adalah dengan membersihkan wajah dari sumber jerawat. Selain mencegah dan mengobati jerawat, kunyit juga berkhasiat dalam menghilangkan bekas-bekas luka jerawat pada wajah sehingga kulit Anda menjadi halus, sehat, segar, dan berseri.

Begitu banyak manfaat yang ditemukan dalam rimpang kunyit, baik kunyit pereda nyeri maupun kunyit dapat menghaluskan kulit. Kini, Anda dapat beralih mengkonsumsi ataupun menggunakan tanaman ini, daripada menggunakan obat-obatan yang mungkin memiliki efek samping yang tidak baik bagi kesehatan Anda di masa tua nanti.

Atau, jika Anda tidak suka dengan baunya yang sedikit menyengat ketika diminum, Anda dapat mengkonsumsi Naturfix. 

Naturfix, ramuan herbal yang wajib Anda konsumsi demi kesehatan, kecantikan, dan kebugaran tubuh Anda. Yuk, jadikan Naturfix konsumsi harian Anda dan keluarga sekarang juga. Karena kesehatan adalah aset di masa depan, maka Anda wajib menjaganya mulai dari sekarang!